Kelurahan Sorosutan Gelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 Bagi Relawan

Terbatasnya pengetahuan petugas pemakaman bagi jenazah yang tepapar Covid-19, mendorong Kelurahan Sorosutan menggelar Pelatihan Pemulasaran Jenazah Covid-19 bagi para relawan di Pendopo Kelurahan Sorosutan, Minggu (18/7/2021).

Pelatihan yang digelar dihadiri Lurah Sorosutan Muhammad Zulazmi, S.STP beserta Jajarannya, para relawan dari wilayah Kelurahan Sorosutan, serta narasumber dari Pusdalop Provinsi Yogyakarta Bapak Indrayanto.

Pelatihan tersebut bertujuan sebagai acuan penerapan penanganan jenazah pasien Covid-19 diharapkan bisa memberi pengetahuan yang benar dalam penanganan jenazah Covid-19. Sehingga tidak terjadi kesalahan yang justru akan membahayakan diri relawan itu sendiri, pihak keluarga maupun masyarakat sekitar.

Para relawan mengikuti seluruh materi pelatihan yang disampaikan narasumber, sehingga dalam pelaksanaan nantinya dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai tahapan pemulasaran serta sesuai dengan protokol kesehatan, antusias para relawan mengikuti pelatihan ini juga menandakan adanya kepedulian terhadap sesama ditengah situasi darurat pandemi Covid-19 saat ini.

Kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi pandemi, dengan melihat beberapa kasus terakhir, banyak masyarakat yang takut dan waswas saat melakukan pemulasaran jenazah Covid-19. Baik itu orang dalam pantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP ), Semuanya harus dilakukan dengan aman sesuai dengan protap pemulasaran jenazah Covid-19.