997 Warga Berhasil divaksin, Antusiasme Warga dalam Pelaksanaan Vaksinasi di Wilayah Kelurahan Sorosutan Cukup Tinggi

Sorosutan Senin (13/09/2021), Kelurahan Sorosutan memaksimalkan percepatan vaksinasi Covid-19 dengan melaksanakan Vaksinasi Massal yang dilakukan di wilayah Kelurahan Sorosutan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang warga yang benar-benar  bersedia divaksin di satu titik tertentu di Kelurahan Sorosutan. Pada kesempatan kali ini kegiatan vaksinasi Covid-19 diselenggarakan di Aula SMKN 4 Yogyakarta. Data warga yang bersedia divaksin diperoleh melalui googleform yang disebar melalui grup-grup WA yang ada di Kelurahan Sorosutan.

salah satu warga sedang divaksin

Lurah Sorosutan Muhammad Zulazmi, S,.STP menerangkan bahwa langkah pelaksanaan vaksinasi massal di wilayah ini merupakan strategi untuk melaksanakan percepatan dalam memberikan vaksin kepada warga kelurahan Sorosutan, “Program vaksinasi massal hari Senin ini tanggal 13 September 2021 terlaksana dengan sinergi yang solid antara Kelurahan, LPMK Sorosutan dan BKM Kelurahan Sorosutan dengan dukungan penuh dari Kemantren Umbulharjo. Selain itu Relawan Vaksin Kelurahan Sorosutan dan ibu-ibu PKK juga bergerak bersama mendukung suksesnya kegiatan ini” Imbuhnya.

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini diprioritaskan bagi warga kelurahan Sorosutan yang berKTP Sorosutan dan sebagian  warga yang berdomisili di wilayah Kelurahan Sorosutan. Adapun tahapan dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 adalah pendaftaran, skrining, vaksinasi dan observasi. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar dengan dukungan tenaga Kesehatan dari Puskesmas UH 1 dan Dinas Kesehatan, Dinas Kominfosan Kota Yogyakarta membantu dengan supervisi terkait jaringan internet saat pelaksanaan vaksinasi. Satpol PP Kota Yogyakarta, Babinsa , Bhabinkamtibmas dan Linmas  berperan dalam pengaturan arus warga yang mengikuti kegiatan ini. Selain itu petugas Tracer serta Mahasiswa yang sedang KKN di Kelurahan Sorosutan juga membantu dalam proses registrasi peserta vaksinasi. Antusiasme warga Kelurahan Sorosutan begitu tinggi yang terlihat dari 1009 warga kelurahan Sororosutan yang dibookingkan melalui JSS, sebanyak 997 warga berhasil divaksin dengan baik. Hal yang menggembirakan setelah kegiatan ini adalah bahwa warga yang belum vaksinasi pada kesempatan ini menunggu-nunggu event semisal untuk segera dihelat kembali.

Program vaksinasi massal di wilayah ini menjadi solusi bagi masyarakat karena bisa hadir di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal sehingga mudah diakses dan memaksimalkan tingkat kehadiran warga. Semoga dengan adanya kegiatan vaksinasi ini dapat membantu mewujudkan kekebalan komunitas warga di Kelurahan Sorosutan Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta.